5.13.2006

Mengamankan Pupuk Bersubsidi dengan Pupuk Formula Spesifik Tanaman

Pupuk tablet Gramalet dengan susunan hara dan jumlah kandungannya diformulasi secara spesifik berdasar kepentingan tanaman, akan memudahkan petani dan pengusaha perkebunan mendapatkan semua unsur sekaligus. Formula disusun berdasar pada hasil analisa jaringan dan analisa daun yang menyatakan kebutuhan unsur hara per jenis tanaman. Terdapat beberapa formulasi yang kami sajikan ke pasar meliputi Gramalet Padi Palawija ( specific fertilizer for Rice Paddy and Staple Food), Gramalet Jagung ( Specific fertilizer for Corn ), Gramalet Sawit/Palma ( specific fertilizer for Palm Oil plant), Gramaflet Kakao (specific fertilizer for Cacao), Gramalet Cengkeh (specific fertilizer for Clove), Gramalet Karet ( specific fertilizer for Rubber Tree), Gramalet Kopi (specific fertilizer for Coffee), Gramalet Mete ( specific fertilizer for Cashew Tree),  dan Gramalet Lada ( specific fertilizer for Pepper Tree).

Keseluruhan pupuk majemuk tablet Gramalet menggunakan spesifikasi kemasan sebagai berikut : a) Kemasan dalam ( inner packing ) : Plastik PE 0,8 – 1, kemasan kedap air dan udara, kapasitas 5 kg (gross weight) b) Kemasan luar ( outer packing) terbuat dari karton D/W : a) Ukuran : ( 360 x 355 x 263 ) mm b) Jenis karton : K 200/150/K200 c) Kapasitas =20 Kg. Dengan kemasan sebagaimana spesifikasi tersebut menjamin pengangkutan, penyimpanan dan penanganan transportasi antar daerah termasuk penanganan di pelabuhan menjadi lebih aman, murah dan mudah. 
Tablet Gramalet® Padi sebagai pupuk majemuk lengkap yang diformulasi dan diproduksi spesifik tanaman padi palawija sangat membantu petani pelanggan mendapatkan berbagai unsur hara pupuk sekaligus. Dengan kandungan lengkap meliputi hara makro primer ( N,P,K), makro sekunder (Mg,S,Ca) dan mikro elemen esensial ( Fe, B, Bo, Mn, Zn, Cl) dan disajikan dalam bentuk tablet 3 gr, satu ha padi sawah sebagai contoh -sebagaimana rekomendasi hasil penelitian Balai Penelitian Padi ( Balitpadi ) Sukamandi- hanya memerlukan dosis pupuk Gramaflet Padi 120 kg - 160 kg per musim. Formula ini terdaftar di Dep Pertanian RI No : T 903/BSP/II/2003.

Gramalet® Jagung sebagai pupuk majemuk lengkap berbentuk tablet yang diformulasi dan diproduksi spesifik tanaman jagung akan sangat membantu petani pelanggan mendapatkan berbagai unsur hara pupuk kebutuhan tanamannya secara sekaligus. Kandungan unsur hara lengkap meliputi hara makro primer ( N, P,K), makro sekunder (Mg,S,Ca) dan mikro elemen esensial ( Fe, B, Cu, Bo, Mn, Zn, Cl) dan disajikan dalam bentuk tablet 3 gram ( ukuran 12 mm diameter), formula Gramafix ®Jagung telah terdaftar pada Departemen Pertanian RI T904/BSP/II/2003.
Gramalet® Karet adalah pupuk majemuk lengkap tablet yang diformulasi dan diproduksi spesifik bagi tanaman Karet akan sangat membantu petani pelanggan mendapatkan berbagai unsur hara pupuk sekaligus. Dengan kandungan lengkap meliputi hara makro primer ( N, P,K), makro sekunder (Mg,S,Ca) dan mikro elemen esensial ( Fe, B, Bo, Mn, Zn, Cl) dan disajikan dalam bentuk tablet 10 gr. Formula Gramafix Karet telah terdaftar pada Departemen Pertanian Republik Indonesia No: T905/BSP/II/2003.
Pupuk majemuk lengkap Gramalet® Sawit adalah pupuk spesifik bagi tanaman sawit dan kelompok tanaman palma lainnya seperti tanaman hias palm, pinang dan kelapa yang dirancang dengan mempertimbangkan jumlah maupun jenis kebutuhan unsur hara bagi pertumbuhan dan produktivitas tanaman kelapa sawit. Kandungan hara lengkap yang meliputi makro primer (NPK), makro sekunder (Mg,S,Ca) dan mikro esensial ( Fe, B, Bo, Mo, Mn, Zn, Cl ) disajikan berbentuk tablet ukuran 10 gram ( diameter 24 mm ) guna menjamin pelanggan mendapatkan aneka hara pupuk lengkap yang sudah mengandung seluruh unsur hara sekaligus dalam setiap tablet. Formula ini terdaftar pada Departemen Pertanian RI No : T904/BSP/II/2003.
Gramalet® Kopi sebagai pupuk majemuk lengkap yang diformulasi dan diproduksi spesifik tanaman Kopi- akan sangat membantu petani pelanggan mendapatkan berbagai unsur hara pupuk sekaligus. Dengan kandungan lengkap meliputi hara makro primer ( N, P,K), makro sekunder (Mg,S,Ca) dan mikro elemen esensial ( Fe, B, Bo, Mo, Mn, Zn, Cl) dan disajikan dalam bentuk tablet 10 gram. Formula Gramafix® Kopi telah terdaftar pada Departemen Pertanian Republik Indonesia No: T905/BSP/II/2003 dan telah memiliki sertifikat dan Tanda SNI. 

Gramafix® Mete sebagai pupuk majemuk lengkap yang diformulasi dan diproduksi spesifik tanaman Mete akan sangat membantu petani pelanggan mendapatkan berbagai unsur hara pupuk sekaligus. Dengan kandungan lengkap meliputi hara makro primer ( N, P,K), makro sekunder (Mg,S,Ca) dan mikro elemen esensial ( Fe, B, Bo, Mn, Zn, Cl) dan disajikan dalam bentuk tablet 10 gr. Formula Gramafix ®Mete telah terdaftar pada Departemen Pertanian Republik Indonesia No: T851/BSP/VIII/2002.


Penyajian pupuk dengan formula ditujukan berdasar tanaman, berbeda dengan pupuk tunggal yang dicampur manual pengguna (petani) di lapangan, akan mengamankan pengalihan pupuk bersubsidi digunakan oleh pihak yang tidak berhak. Pupuk formula spesifik per tanaman, bisa dijadikan objek barang bersubsidi. Penggunaan pupuk spesifik formula ditujukan pada tanaman pangan, misalnya, mengurangi kemungkinan "merembes" ke sub sektor tanaman perkebunan maupun sektor non subsidi lainnya.